22
Nov
09

Mobil RI 1 Bung Karno

“Seorang Presiden tidak punya mobil. Apa kata dunia.”
Mungkin tidak terlalu berlebihan bila kata-kata iklan itu saya pinjam untuk mengawali tulisan kali ini.
Berdirinya sebuah Republik baru serta tampil perdananya seorang Presiden tentu membutuhkan berbagai atribut yang dapat mendongkrak kharisma serta wibawa sebuah negara baru. Indonesia sebagai negara yang baru berdiri kala itu tak lepas pula dari permasalahan diatas.

Kisah menarik yang tercecer pasca Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada hari Jumat legi, 17 Agustus 1945 adalah ihwal mobil kepresidenan yang pertama. Problem muncul manakala Sukarno sudah menyandang predikat “PRESIDEN”, maka pengikutnya beranggapan –dan ini wajar saja– bahwa seorang Presiden harus mempunyai kendaraan.

Seorang pengikut Sukarno yang setia, namanya Sudiro sontak teringat kepada sebuah mobil Limousine merek Buick besar yang begitu cantik, bahkan tercantik di Jakarta. Mobil itu muat tujuh orang, bahkan memakai kain jendela di bagian belakangnya.

Apa daya, mobil itu kebetulan kepunyaan seorang Jepang yang menjabat Kepala Jawatan Kereta Api. Ah… peduli amat, ini kan suasana revolusi, begitu pikir Sudiro. Sehingga ia, diiringi sejumlah pengikut setia Bung Karno lain, mendatangi rumah pemilik Buick yang cantik itu. Dan didapatinya sang mobil idaman terparkir rapi d garasi.

Kebetulan, Sudiro mengenal baik sopir mobil itu. Maka setelah memekik salam, “Merdeka!”, Sudiro melontarkan maksudnya, “Heh… saya minta kunci mobilmu.” Tentu saja sang pengemudi gelagapan. Kepalanya penuh tanda tanya, “Kenapa? Kenapa?” Di tengah raut wajah kebingungan, Sudiro segera menimpali, “Karena saya bermaksud hendak mencurinya buat PRESIDENmu!”

Si sopir yang patriotis itu meringis sambil keluar dari mobil dan menyerahkan kunci itu. Si sopir segera disuruhnya pulang kampung di Jawa Tengah. Begitulah sekelumit kisah unik mobil kepresidenan Bung Karno.

Kemudian dari sebuah situs otomotif, diketahuilah spesifikasi mobil limousine Buick itu. Mobil itu diketahui disebut sebagai Buick Eight, buatan Buick. Mobil ini hanya diproduksi sebanyak 1451 unit pada tahun 1939. Dan memiliki kapasitas sebesar 5248cc dengan mesin empat langkah yang memiliki 8 silinder dan 2 katup di setiap silindernya.

Mobil yang menyandang nomor polisi Rep-1 ini juga memiliki perbandingan kompresi yang cukup prima, yaitu, 6.35:1. Selain itu, mobil ini pun dapat mengeluarkan tenaga yang cukup mumpuni pada zamannya, yakni, dapat mencapai 141 hp pada 3600 rpm. Serta memiliki perbandingan Bore X Stroke, 87.3 X 109.5.

Mobil Buick Limited-8 ini secara visual memang terlihat sangat berwibawa. Apalagi untuk menunjang kemewahan serta guna menjaga ‘rahasia negara’ yang mungkin terucap di dalam kabin mobil tersebut, maka mobil ini pun dilengkapi selembar kaca yang memisahkan penumpangnya dengan pengemudi yang dapat dibuka dengan sebuah tuas yang diputar. Hingga kini, kendaraan kepresidenan pertama itu tersimpan rapi di Gedong Joang 45.

Iklan

7 Responses to “Mobil RI 1 Bung Karno”


  1. 1 Adi Is
    Maret 28, 2010 pukul 11:49 am

    ki, ini dimana dan kira kira tahun berapa ?

  2. Mei 26, 2010 pukul 3:50 pm

    sebagai anugerah yang kuasa dari jaman dulu sampai sekarang kebaikan itu di kenang dan kita patut terus menagamalkan mempejuangkan untuk menatasi yang akan datang…!!!

  3. 3 SUKIRNO
    Juli 4, 2010 pukul 2:11 pm

    JAS MERAHNYA DULUR.

  4. 5 Dwi Satya
    Februari 14, 2011 pukul 5:10 pm

    Sip, kalau bisa mobil presiden zaman sekarang spt mobil presiden zaman Soekarno dulu, supaya bisa melambaikan tangan dengan rakyat.

  5. 6 Lutfi 'Kabayan Turun Gunung-Keluar Goa'
    November 13, 2011 pukul 9:47 am

    UKM-UJANG KASTROL MOBIL will be the First Indonesian Otomotif Industry

  6. Agustus 25, 2013 pukul 1:45 pm

    Foto yg diatas bukan BUICK 1939…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Aku menulis hanya sebatas nalar yang aku punya. Maka tak heran bila terkadang terkesan ugal-ugalan dan berbeda pendapat dengan anda. Salam: Ki Semar

November 2009
S S R K J S M
« Okt   Jan »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

%d blogger menyukai ini: